Enterprise Resource Planning - ERP

  • 2018-06-13 13:42:05
  • Posted by Admin

Enterprise Resource Planning - ERP

Apa itu 'Perencanaan Sumber Daya Perusahaan - ERP'

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah proses di mana perusahaan, sering kali produsen, mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnisnya. Sistem informasi manajemen ERP mengintegrasikan bidang-bidang seperti perencanaan, pembelian, inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia.

ERP paling sering digunakan dalam konteks perangkat lunak, dengan banyak aplikasi perangkat lunak besar yang telah dikembangkan untuk membantu perusahaan menerapkan ERP.

BREAKING DOWN 'Perencanaan Sumber Daya Perusahaan - ERP'

Perencanaan sumber daya perusahaan adalah perekat yang mengikat sistem komputer yang berbeda untuk organisasi besar. Biasanya, masing-masing departemen akan memiliki sistem sendiri yang dioptimalkan untuk tugas-tugas khusus divisi itu. Dengan ERP, masing-masing departemen masih memiliki sistem sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dan berbagi informasi lebih mudah dengan seluruh perusahaan.

Perangkat lunak ERP berfungsi seperti sistem saraf pusat untuk bisnis. Ini mengumpulkan informasi tentang aktivitas dan keadaan divisi yang berbeda, membuat informasi ini tersedia untuk bagian lain, di mana dapat digunakan secara produktif. Informasi tentang ERP ditambahkan secara real time oleh pengguna.

ERP menyerupai sistem saraf pusat manusia dalam kapasitasnya melampaui kemampuan kolektif dari bagian-bagian individu untuk membentuk, apa yang dikenal sebagai, kesadaran. Ini membantu perusahaan menjadi lebih sadar diri dengan menghubungkan informasi tentang produksi, keuangan, distribusi dan sumber daya manusia bersama. ERP menghubungkan berbagai teknologi yang digunakan oleh setiap bagian dari bisnis, menghilangkan teknologi duplikat dan tidak kompatibel yang mahal bagi perusahaan. Ini melibatkan pengintegrasian hutang-piutang, sistem pengendalian stok, sistem pemantauan pesanan, dan basis data pelanggan ke dalam satu sistem.

Sistem ERP pertama dikembangkan oleh SAP, sebuah perusahaan perangkat lunak yang dibuat pada tahun 1972 oleh tiga insinyur perangkat lunak yang berbasis di Mannheim, Jerman. Tujuan SAP adalah untuk menghubungkan berbagai bagian bisnis dengan berbagi informasi yang dikumpulkan dari bagian-bagian tersebut untuk membantu perusahaan beroperasi lebih efisien.

Mengapa Sistem ERP Gagal Mencapai Tujuan

Perusahaan dapat mengalami pembengkakan biaya jika sistem ERP tidak diterapkan dengan hati-hati. Sistem ERP tidak selalu menghilangkan inefisiensi dalam bisnis. Perusahaan perlu memikirkan ulang cara pengaturannya, atau jika tidak, akan berakhir dengan teknologi yang tidak kompatibel.

Sistem ERP biasanya gagal mencapai tujuan yang mempengaruhi instalasi mereka karena keengganan perusahaan untuk meninggalkan proses kerja lama yang tidak sesuai dengan perangkat lunak. Beberapa perusahaan enggan melepaskan perangkat lunak lama yang bekerja dengan baik di masa lalu. Kuncinya adalah mencegah proyek ERP terpecah menjadi banyak proyek yang lebih kecil, yang dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.

Baca lebih lanjut: Perencanaan Sumber Daya Perusahaan - Definisi ERP | Investopedia https://www.investopedia.com/terms/e/erp.asp#ixzz5IHpoZYEe

https://www.investopedia.com/terms/e/erp.asp